Hari ini, 4 Maret diperingati sebagai Hari Obesitas Sedunia. Obesitas menjadi topik yang selalu menarik untuk diperbincangkan, namun susah terwujud. Mengutip data Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas Kementerin Kesehatan 2018, sebanyak satu dari tiga orang dewasa Indonesia mengalami obesitas.

Kondisi obesitas juga terjadi pda anak. Riset tersebut menunjukkan satu dari lima anak usia 5 sampai 12 tahun mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan, Cut Putri Arianie mengatakan obesitas di Indonesia melonjak dan kondisi ini mengkhawatirkan.

“Obesitas yang tidak ditindaklanjuti akan menjadi pintu masuk penyakit kronis,” kata Cut Putri dalam diskusi daring Novo Nordisk bertajuk ‘Jangan Anggap Remeh Obesitas, Si Penyakit Kronis Serius’ pada Rabu, 3 Maret 2021. “Tren masalah berat badan pada orang dewasa Indonesia mengalami peningkatan hampir dua kali lipat.”

Cut Putri menjelaskan, obesitas menimbulkan dampak kesehatan serius dan risiko finansial yang mahal bagi negara. Dengan lebih dari 800 juta orang di dunia yang mengalami obesitas, konsekuensi medis dari obesitas akan mencapai lebih dari USD 1 triliun pada 2025.
.
.
Hotline Covid-19 Dinkes : 0811-252-9090
Website : dinkes.banjarnegarakab.go.id
Facebook : Dinkes Banjarnegara
Twitter : @dkkbanjarnegara
Youtube : Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara