Bertempat di Hotel Surya Yudha Banjarnegara, Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah melaksanakan “Sosialisasi Pedoman Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam bentuk sistem aplikasi e-BLUD” selama dua hari, Jumat-Sabtu (19-20 Maret 2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Bapak Drs. Indarto, M.Si dalam sambutannya menyampaikan agar semua pihak yang terkait dapat mengikuti dan mempelajarinya dengan seksama demi kesempurnaan dalam pelaksanaan BLUD. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh Dinas Kesehatan, RSUD, Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan serta undangan yang berasal dari Inspektorat, BPPKAD, BKD dan Bagian Perekonomian Setda Kab. Banjarnegara.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah melalui Sekretaris Drs. Komaedi, M.Si mengatakan, adanya kegiatan sosialisasi tersebut guna menyampaikan bahwa Ditjen Bina Keuangan Daerah tidak akan dapat bekerja sendirian, sudah barang tentu keterlibatan pemangku kebijakan di Pemerintah Daerah memiliki peran penting dalam penyelenggaraan BLUD agar optimal dan ideal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan Pemda terkait BLUD yakni pertama penguatan peran Pemerintah Daerah dalam pembinaan BLUD dan kedua menyiapkan regulasi (Peraturan Gubernur, Bupati/Walikota) dalam rangka implementasi pengelolaan BLUD. Ketiga, meningkatkan kapasitas SDM Pengelola, Pembina, dan Pengawas BLUD, serta mengalokasikan anggaran pada APBD sebagai dukungan pengelolaan BLUD.

Terkait dengan hal tersebut, Pemda berpedoman pada peraturan perundang-undangan dan lainnya terkait BLUD, khususnya Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Nomor 981/4092/KEUDA tanggal 2 Oktober 2020 Hal Pedoman Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah.
Sistem aplikasi e-BLUD sendiri adalah suatu sistem yang mendokumentasikan administrasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan pertanggungjawaban, serta pelaporan keuangan BLUD secara real time. Sistem aplikasi e-BLUD dirancang secara online untuk memudahkan pengguna dalam mengakses data dimana dan kapan saja berdasarkan manajemen user yang sistematis sesuai tugas dan fungsinya sebagai pengelola keuangan BLUD.

Maksud dan tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh BLUD dalam melakukan administrasi pengelolaan keuangan BLUD. Kegiatan ini juga berguna untuk menginformasikan regulasi maupun pengembangan aplikasi e-BLUD tersebut, dalam penyusunan regulasi terkait BLUD, Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah bekerja sama dengan Tim Ahli dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial dan Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (LPPSP FISIP UI).