Dana Aloksi Khusus (DAK) adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Bertempat di Aula Sasana Bakti Praja Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara Kamis tanggal 15 April 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara melaksanakan Sosialisasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 12 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bidang Kesehatan guna menyamakan persepsi dalam pelaksanaan kegiatan bersumber DAK Nonfisik baik di Dinas maupun di Puskesmas serta UPTD lainnya.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dr. Latifa Hesti Purwaningtyas, M.Kes dihadiri oleh seluruh pejabat struktural serta kepala UPTD puskesmas dilingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. Sosialisasi juga diikuti oleh kepala subbag tata usaha Puskesmas, bendahara pengeluaran secara daring melalui zoom meeting. Dalam Sambutannya Kepala Dinas Kesehatan menekankan  pentingnya melakukan sosialisasi dan penyamaan persepsi untuk mendorong realisasi anggaran nantinya dan mencermati kegiatan yang boleh dan tidak boleh.

Beberapa kegiatan yang bisa didanai dari DAK Nonfisik terdiri Jaminan Persalinan, Akreditasi Puskesmas, Bantuan Operasional Puskesmas dan Dinas Kesehatan, penanggulangan stunting, distribusi obat dan pengawasan obat dan makanan. Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini dapat lebih memantapkan dalam pelaksanaan dan realisasi Dana DAK tahun 2021 dan dirasakan langsung manfaatnya  oleh masyarakat.

(dk)

.

.

Website : dinkes.banjarnegarakab.go.id

Facebook : Dinkes Banjarnegara

Twitter : @dkkbanjarnegara

Youtube : Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara