Dalam rangka mencegah penyebaran Virus Covid-19 terutama pada saat perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M, dilaksanakan rapat koordinasi kesiapsiagaan Idul Fitri dan pemberlakuan PPKM Mikro. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sasana Bakti Praja Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara Rabu (5/5/2021) dengan peserta seluruh pejabat struktural Dinas Kesehatan dan para Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Banjarnegara.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dr. Latifa Hesti Purwaningtyas, M.Kes sekaligus memberikan materi terkait rencana larangan mudik lebaran tahun 2021, pemberlakuan PPKM mikro dan kegiatan Jogo Tonggo. Dengan adanya rapat koordinasi ini diharapkan dapat membantu kelancaran dan keamanan masyarakat dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M, mengurangi penularan virus Covid-19 dan memberikan pelayanan kesehatan yang cepat pada kasus gawat darurat. Berdasarkan SE Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Nomor : YP.03.04/II/1206/2021 tanggal 26 April 2021 perihal Kesiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M, Surat Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Tengah Resor Banjarnegara Nomor : B/777/IV/OPS.1.2.3/2021 perihal Undangan Vicon Rakor Lintas Sektoral, kesiapsiagaan lebaran dilaksanakan tanggal 6-17 Mei 2021.

Langkah-langkah yang akan dilakukan Dinas Kesehatan beserta jajarannya antara lain; melakukan promosi kesehatan, pemantauan covid-19 di semua tatanan masyarakat dengan lintas sektor, mengaktifkan fasilitas kesehatan, pos-pos kesehatan selama Idul Fitri, penyiapan tim gawat darurat dan evakuasi medik, melakukan pemantauan dengan lintas sektor terkait kesiapan tempat-tempat ibadah dalam penerapan protokol kesehatan, melakukan testing, tracing dan treatment terutama kepada warga dari luar kota dan menyiagakan Puskesmas dan Rumah Sakit di sepanjang jalur mudik