BANJARNEGARA – Dinas Kesehatan Banjarnegara meluncurkan Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Digital (Sikebal), Kamis (26/8). Aplikasi berbasis android ini untuk mempermudah layanan berbagai perizinan secara online.

Sekretaris Daerah Banjarnegara Indarto menyatakan, pandemi Covid-19 hingga kini belum usai. Seluruh komponen masih harus berjaga dan waspada untuk disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. “Adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi pedoman bahwa kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan melihat kriteria zonasi yang ditetapkan,” katanya, saat peluncuran Sikebal di Aula Dinkes Banjarnegara.

Menurutnya, penilaian indeks kepatuhan mandiri pelayanan publik Dinkes Banjarnegara pada tahun 2019 masih dalam kategori buruk. Salah kendalanya yaki dari sisi perizinan. Aplikasi Sikebal ini, diharapkan menjadi solusi dalam layanan perizinan. “Dinkes Banjarnegara harus melakukan perbaikan dalam implementasi pelayanan publik,” jelasnya.

Sekretaris Dinkes Banjarnegara dr Ery Rosita mengatakan, selama ini perizinan dilayani terpisah di beberapa seksi. Aplikasi Sikebal menjadi terobosan, inovasi dan perbaikan sistem menjadi layanan terpadu secara digital. “Saat ini sudah ada 14 jenis perizinan yang sudah bisa diakses melalui aplikasi Sikebal,” katanya.

Dijelaskan, salah satu izin yang bisa diakses melalui Sikebal yakni rekomendasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi UMKM. PIRT menjadi salah satu standar keamanan pangan yang dapat membantu pelaku UMKM dalam pemasaran produk. “Untuk mendaftar PIRT, cukup akses Sikebal lalu unggah syarat-syaratnya, setelah diproses hasilnya tinggal diunduh,” jelasnya.

Menurutnya, layanan secara online saat ini sudah menjadi kewajaran dan tuntutan masyarakat. Apalagi di masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas di luar. Pihaknya berharap aplikasi ini mendukung UMKM tetap produktif di masa pandemi. (K36-)
.
Website : dinkes.banjarnegarakab.go.id
Instagram : @dinkesbanjarnegara
Facebook : Dinkes Banjarnegara
Twitter : @’dkkbanjarnegara
Youtube : Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara