Dalam upaya percepatan penurunan stunting , Pencegahan stunting memerlukan intervensi gizi yang terpadu, mencakup intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif. Pengalaman global menunjukan bahwa penyelenggaraan intervensi yang terpadu untuk menyasar kelompok prioritas di lokasi prioritas merupakan kunci keberhasilan perbaikan gizi dan tumbuh kembang anak, serta pencegahan stunting. Salah satu upaya yang bisa dilaksanakan di garda terdepan dalam percepatan penurunan stunting adalah dengan cara membuka pagar akar permasalahan di tingkat keluarga. Untuk bisa membuka pagar akar permasalahan di perlukan dukungan sumberdaya kesehatan sebagai pelaksana atau yang bekerja secara profesional tanpa menimbulkan luka atau permasalahan baru sebagai peer edukation . Oleh karena itu diperlukan Orientasi Strategi Komunikasi (STRATKOM) bagi tenaga kesehatan lintas program di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama/ FKTP yang terdiri dari Bidan, Perawat, tenaga Gizi, promosi kesehatan dan sanitarian serta Tim Rembug stunting Kabupaten Banjarnegara. Dalam rangka peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan pertemuan orientasi Komunikasi Peningkatan Perilaku Percepatan Penurunan Stunting secara Virtual pada tanggal 27 – 28 September dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ( Rita Utrajani, SKM, M.Kes) dan Narasumber perwakilan UNICEF untuk Indonesia (Risang Rimbatmaja)
Tujuan dari pertemuan tersebut adalah meningkatkan kemampuan teknis tenaga kesehatan dalam pelaksanaan komunikasi antar pribadi di Puskesmas dalam upaya percepatan penurunan stunting. Dalam kaitanya pencegahan dan penurunan stunting dikabupaten Banjarnegara masih terus diupayakan secara bertahap berkesinambungan (Konvergensi) dari semua OPD/ Lembaga yang terkait sesuai dengan peran dan fungsinya.
.
Website : dinkes.banjarnegarakab.go.id
Instagram : @dinkesbanjarnegara
Facebook : Dinkes Banjarnegara
Twitter : @’dkkbanjarnegara
Youtube : Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara