Khusnul Khotimah, S.Si.T.M.Kes Adminkes Ahli Muda di Puskesmas Rakit 2 dengan Tugas Tambahan Kepala Puskesmas.
Memulai karir ASN nya tahun 1993 sebagai Bidan Desa, hingga saat ini telah mengabdi pada negara selama 27 tahun. Khusnul Khotimah, sosok ASN yang INOVATIF, beliau selalu memberikan warna baru pada Pelayanan Puskesmas.
Karya nyatanya berdampak luas tidak hanya pada insitusi juga di masyarakat.
Tak hanya berkarya didalam kantor semata, beliau juga aktif diberbagai kegiatan social seperti, Palang Merah Indonesia, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, KONI Kab. Banjarnegara, RAPI wilayah 33 Kabupaten Banjarnegara.
ASN yang INSPRIRATIF, bagi khusnul khotimah tugas / amanah adalah kehormatan.
Sikap low profil namun juga tegas dengan jargon yang selalu disampaikan yaitu Do The best (lakukan yang terbaik disetiap pengabdian). Prestasi yang sudah diraih :
1. Inovator OCe OKe Cegah tiga terlambat dengan empat pemantauan
OCe Oke merupakan bentuk nyata pelibatan kader dalam penurunan angka kematian ibu dan bayi. Adapaun bentuk kegiatan OCe OKe adalah pendampingan satu ibu hamil yang didampingi oleh satu orang kader berbasis kewilayahan dengan menggunakan lembar pemantauan.
Fokus pemantauan meliputi :mengingatkan jadwal pemeriksaan, mendeteksi faktor resiko, pemantauan kesehatan janin, dan komitmen persalinan.

Hasil penelitian implementasi OCe OKe oleh Balai Litbangkes adalah bahwa pendekatan satu ibu satu kader terbukti efektif meningkatkan derajat Kesehatan ibu hamil, sehingga kematian ibu dan bayi dapat di tekan.
2. Poster OCe OKe meraih Best Poster Inovasi di Forum Nasional Penelitian dan pengembangan Kesehatan Ibu dan Anak.
3. Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019.
4. OCe OKe meraih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik thn 2019.
5. Tahun 2021 menerima Tanda Kerhormatan SATYALENCANA KARYA SATYA untuk pengabdian 20 Tahun dari Presiden Republik Indonesia.
Khusnul Khotimah mampu mengkomunikasikan / mempresentasikan gagasan / inovasi sehingga mudah di pahami. Walau dalam masa pandemi sering diminta aktif sebagai Narsum diberbagai webinar baik Daerah, Regional, maupun Nasional. Pandemi tidak menghalangi untuk berkarya, pada tahun 2021 menulis 4 buku yang sudah terbit ber-ISBN yaitu:
1. Buku pertama berjudul :Metode One Client One Kader dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil ( Mengangkat tema gagasana inovasi OCe OKe)
2. Buku ke dua berjudul Kompilasi Inovasi Pelayanan Publik Aparatur Sipil Negara Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. (merupakan tulisan bersama para Inovator Inovasi Pelayanan Publik ASN Kabupaten Banjarnegara ).
3. Buku ketiga berjudul OCe OKe Siasat Keren Cegah 3 Terlambat dengan 4 Pemantauan. (TOP 45 Inovasi Pengalaman Publik tahun 2019)
4. Dan buku ke empat berjudul Belajar Akreditasi bersama dr. Kus Sularso .

Itulah sosok ASN inspiratif dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara Jawa tengah dan beliau layak mendapatkan Anugrah ASN Inspiratif tahun 2021
.
.
#AnugerahASN2021
#ASNInspiratif2021
#kemenpanrb
.

@kemenpanrb
@kemenkes_ri
@ditjenyankes
@dinkesbanjarnegara